17
Aug
07

HAMAS, HIZBULLAH DAN ISRAEL

Oleh:
Wawan Kurniawan
Pendiri Kajian Internasional Strategis (KAINSA)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Timur Tengah modern (pasca-Perang Dunia II), dua gerakan perlawanan yang paling terkemuka, Hamas dan Hizbullah, beraliansi menghadapi musuh yang sama Israel. Hamas memulai serangan pada 25 Juni melalui terowongan-yang digali dua bulan sebelumnya-di Kerem Shalom dengan hasil: 1 tentara Israel tewas dan satu tentara (Gilad Shalit) lagi ditahan. Sedangkan, serangan Hizbullah terjadi pada pagi 12 Juli dengan hasil: 8 tentara Israel tewas dan dua orang tentara (Ehud Goldwasser dan Eldad Regev) ditahan.

IOF (Israel Occupation Force) melalui operasi “Summer Rain” (29 Juni) membalas dengan membombardir Jalur Gaza, Lebanon selatan, dan Beirut. Memblokade akses-akses darat, laut, dan udara. Merusak fasilitas-fasilitas umum semisal pembangkit listrik, universitas, rumah sakit, bandara, jalan dan jembatan. Artileri IOF terus menyalak. Jet-jet tempurnya (yang sebagian besar adalah F-16 sumbangan Amerika Serikat) terus menghujani dengan bom. Demikian juga kanon-kanon kapal laut IOF. Di Jalur Gaza, bom-bom sonic membuat orang Palestina tidak bisa tidur.

Norman Finkelstein, seorang profesor dari Universitas DePaul Chicago memberikan estimasi sejak penarikan mundur IOF (september 2005) hingga sekarang, sekitar 7 ribu hingga 9 ribu dentuman artileri berat IOF telah meneror warga sipil (A Debate on Israel’s Assault on Gaza, DemoracyNow.org, 29/06). Sementara, ada seribu roket Al Qassam yang telah ditembakkan Hamas.

Sebagai balasan, roket legendaris andalan Hizbullah, Katyusa (duplikasi dari roket Iran Fajr-5), menyerang kota terbesar ketiga Israel, Haifa. Stok roket sebanyak lebih dari 12 ribu buah (AP, Associated Press, 25/05/05) menjamin kelangsungan serangan Hizbullah itu.

Sebagai ganti Gilad Shalit, Israel menahan 8 menteri Hamas dan 25 anggota parlemen Palestina. Sejumlah orang tersebut sedang diajukan ke pengadilan Israel dengan tuduhan terorisme. Hak tinggal empat pejabat Hamas di Jerusalem Timur dicabut oleh Israel.

Korban konflik sampai tulisan ini dibuat mencapai: 70 lebih orang Palestina tewas, 53 orang Lebanon mati, dan tidak sampai 15 warga Israel yang terbunuh.

Hamas-Hizbullah

Keduanya memiliki agenda yang sama; penukaran tahanan. Ada sekitar 9800 orang Palestina dalam penjara Israel. Seribu orang ditahan tanpa melalui proses pengadilan. Tidak ada data yang jelas mengenai berapa jumlah orang lebanon atau aktivis Hizbullah yang ditawan Israel.

Keduanya juga memiliki dua persamaan. Pertama, berawal organisasi non-negara. Hamas dan Hizbullah adalah organisasi klandestein yang lahir di tengah konflik. Dibesarkan melalui pertempuran dan gempuran. Bisa dikatakan keduanya merupakan perlawanan kumpulan orang tertindas melawan sang penindas, Israel. Kehadiran Hamas dan Hizbullah seolah-olah menutupi ketidakmampuan dan ketidakberdayaan militer negara-negara Arab dalam konfrontasi dengan Israel.
Dalam Perang Enam Hari (6-10 Juni 1967), Israel berhasil mengubah peta Timur Tengah dengan mengambil Gurun Sinai dan Jalur Gaza (dari Mesir), Dataran Tinggi Golan (Suriah), serta Tepi Barat dan Jerusalem Timur (Yordania). Dalam perang berikutnya, Yom Kippur (6-24 Oktober 1973), Pasukan Israel berhasil melaju hingga 32 km dari Damaskus dan 65 km dari Kairo.

Hizbullah didirikan sebagai respon atas invasi Israel ke Lebanon pada 6 Juni 1982. Hizbullah merupakan sempalan dari gerakan Amal Syiah. Gerakan Amal yang sekuler membuat sebagian para pengikutnya yang religius keluar dan membentuk gerakan sendiri. Dalam perkembangan waktu, kebesaran Hizbullah jauh melampaui Amal.

Sebagai organisasi yang dilahirkan dari konflik di sebuah negara miskin, tidak bisa dipungkiri ada pengaruh besar negara lain, yaitu Iran (lihat Ahmad Hamzeh, In the Path of Hezbollah, 2004, hal 109). Pengaruh Suriah juga ada meskipun tidak sebesar Iran karena Hizbullah berlaku kritis (antikorupsi) kepada rezim Lebanon.

Hizbullah mendapat nama harum di seantero dunia Arab karena berhasil mengusir Israel yang telah menduduki Lebanon selatan selama 22 tahun. Dengan korban tentara sekitar 900 orang, Israel menarik mundur pasukannya pada 24 Mei 2000 dengan dalih mentaati Resolusi DK PBB 425 (tertanggal 19 Maret 1978) dan melanjutkan proses gencatan senjata Lebanon-Israel yang ditandatangi 26 April 1996 (Text Of Israel-Lebanon Cease-fire Understanding, The Israeli Withdrawal from Southern Lebanon, jewishvirtuallibrary.org).

Keberhasilan itu menaikkan prestise Hizbullah karena mempersembahkan kemenangan Arab pertama kali dalam konflik Arab-Israel (Ashraf Fahim, Hezbollah enters the fray, atimes.com, 10/04/05). Di dalam Lebanon, Hizbullah mendapat simpati dari Muslim maupun Kristen.

Hamas lahir dari rahim Intifadah Pertama (8 Desember 1987). Hamas menjadikan Islam sebagai ideologi gerakan (Pasal 1 Piagam Hamas) dan jihad sebagai jalan perjuangannya (Pasal 3). Hamas mengklaim dirinya sebagai cabang Ikhwanul Muslimin (IM) di Palestina (Pasal 2).

Kedua, Hamas dan Hizbullah sama-sama men-triple-kan dirinya; menjadi organisasi bersenjata, organisasi sosial, dan sekaligus organisasi politik.

Hizbullah membangun 50 rumah sakit, 100 sekolah dan banyak perpustakaan (Sam Hamod, Understanding Hezbollah of Lebanon, rense.com, 13/03/05). Yang mengherankan adalah mayoritas dokter dan guru yang bekerja di pusat-pusat sosial Hizbullah adalah Kristen dan Druze.

Hamas merupakan jaringan sosial (social welfare network) yang membangun banyak masjid, sekolah, perpustakaan, playgroup, dapur umum, klinik, panti asuhan, rumah sakit, balai latihan kerja, dan infrastuktur kemasyarakatan lainnya (Who is Hamas, BBC, 18/04/04; Hamas’ Role in the Palestinian Elections, Council on Foreign Relations, 25/10/05).

Di arena politik, prestasi Hamas lebih cemerlang dibandingkan Hizbullah. Hizbullah mempunyai 12 kursi hasil Pemilu 2000 dan 14 kursi Pemilu 2005. Sedangkan Hamas mendapat 74 kursi dari jumlah 128 pada pemilu 25 Januari kemarin.

Bantuan Asing

Tudingan bahwa Suriah dan Iran membantu Hizbullah seharusnya tidak perlu dipermasalahkan. Hizbullah ditopang Iran hampir 100 juta dolar per tahun setelah penarikan mundur Israel 2000 (Daniel Byman, “Should Hezbollah Be Next?”, Foreign Affairs, Nov-Des 2003, hal 54-63).

Hamas juga mendapat bantuan asing terutama dari NGO-NGO dan individu-individu yang bersimpati dengan Hamas. Juga dari para simpatisan IM dari seluruh dunia.

Seorang pemimpin Hamas Khaled Meshaal menetap di Damaskus. Tidak ada kejelasan mengapa Meshaal memilih tinggal di Suriah. Saya menduga karena pertimbangan keamanan. Setelah kejadian “suntikan beracun’ Mossad kepada Meshaal pada 25 September 1997 di Amman, tidak ada tempat lain yang lebih aman kecuali Damaskus. Kairo sudah berdamai dengan Tel Aviv melalui Perjanjian Camp David 17 September 1978. Bahgdad sedang diboikot oleh dunia internasional sehingga mempersulit akses keluar-masuk. Riyadh sudah menjadi sekutu Washington. Teheran sendiri terlalu jauh.
Terlepas dari besar atau kecilnya bantuan, sekadar seruan moral atau lebih dari itu, belum pernah ada dalam sejarah, sebuah organisasi perlawanan benar-benar independen dan mandiri.
Hal yang sama juga berlaku pada negara Israel. Bantuan AS kepada Israel mencapai 3 milyar dolar pertahun: 1,2 milyar berupa paket ekonomi (Economic Support Funds/ESF)dan 1,8 milyar bantuan militer (Foreign Military Financing/FMF). Menurut perhitungan Arms Trade Resource Center World Policy Institute (06/05/02), untuk tahun-tahun mendatang ESF itu akan stagnan, namun FMF berlaku progresif. FMF selalu bertambah 60 juta dolar per tahun.
Terhitung mulai 1949 hingga 2000, total bantuan AS mencapai 81,38 milyar dolar (Congressional Research Service, 27/10/2000). Dalam versi lain, sekitar 91,82 milyar dolar (Washington Report on Middle East Affairs, Februari 2001).
Jalan Akhir
Jalan keluar konflik Israel-Palestina bukan terletak pada pihak tertindas rakyat Palestina. Bukan pada klaim palsu bahwa Palestina adalah “land without people for people without land”. Bukan pada propaganda palsu: mengakui hak Israel, melucuti senjata, dan menghormati perjanjian-perjanjian sebelumnya. Juga bukan pula pada “Peta Jalan” yang kian absurd tanpa kejelasan mengarah ke mana. Bukan pula pada pertemuan nostalgia (disertai jamuan makan pagi) sebagaimana yang terjadi di kota wisata Petra, Yordania pada Kamis 22 Juni lalu yang melibatkan Mahmud Abbas, Ehud Olmert, dan Raja Abdullah II.
Di Camp David (5 Juli 2000), Yasser Arafat (hanya) meminta kembali 20 persen wilayah Palestina sebagai dasar pendirian Palestina Merdeka. Konsesi 80 persen tanah yang akan diserahkan kepada Israel tidak membuat Israel menjadi lunak. Selanjutnya, bisa diduga. Pertemuan deadlock. Arafat, Clinton, dan Ehud Barak kembali ke kediamannya masing-masing tanpa hasil berarti.
Hamas menawarkan hudnah (gencatan senjata) selama 10 tahun jika Israel mengembalikan wilayah-wilayah yang direbut pada perang 1967. Hamas memang bercita-cita menghancurkan Israel sebagai negara, bukan sebagai bangsa.
Sangat naif membicarakan perdamaian dan melanjutkan dialog tanpa menyertakan kejelasan status Jerusalem Timur (termasuk Masjid Al Aqsa) dan hak kembali (right of return) 4 juta pengungsi Palestina. Masjid Al Aqsa merupakan inheren ideologi Islam yang tidak bisa ditawar. Hak kembali para pengungsi Palestina adalah harga mati.
Solusi tunggalnya adalah sebuah jawaban klasik: mengakhiri pendudukan. Jawaban lama yang tidak pernah dihiraukan oleh Israel dan pendukungnya, Barat (AS dan Eropa). Oleh karena itu, selama masih ada pendudukan (di manapun, kapan pun, oleh siapa pun), perlawanan bersenjata adalah sah dan legitimate.
Benarlah apa yang dikatakan Mahmoud Ahmadinejad. Jika Barat merasa bersalah kepada kaum Yahudi karena peristiwa Holocaust, seharusnya Barat menyediakan wilayahnya sendiri menjadi negara Yahudi. Mengapa harus Palestina yang menjadi korban?
Terakhir, sebuah sindiran dari Desmond Tutu: “If you are neutral in situations of injustice, you have chosen the side of the oppressor.”

Advertisements

25 Responses to “HAMAS, HIZBULLAH DAN ISRAEL”


  1. 1 wahyu
    January 6, 2009 at 8:05 am

    Masya Allahu kana wama lam yasya’ lam yakun, wala haula wala quwwata illa billah.
    Sungguh suguhan informasi yang gamblang dan memberikan keyakinan, bahwa kemenangan kedua akan diberikan kepada HAMAS setelah kemenangan pertama diberikan kepada Hizbullah.

    Dengan dukungan do’a seluruh ummat Islam dan ‘legitimasi’ tindakan atas berbagai bentuk kedzaliman Israel, serta kekuatan keshabaran yang tinggi dari para pejuang HAMAS, kita yakin bahwa akhir konflik akan berpihak kepada HAMAS, Insya ALLAH.

    Walau korban takkan terbayangkan banyaknya, namun para pejuang yakin mereka telah meraih kemenangan yang sesungguhnya, mati SYAHID dan mendapatkan acungan jempol serta penghargaan atas kemampuan mematahkan setiap serangan Israel yang dipersenjatai peralatan canggih.

    Kita pun yakin para pejuang palestina akan menemui Rabbnya dengan keridlaan-Nya. Amin ya Mujibas sailin

    Wahyuis

  2. 2 kainsa
    January 11, 2009 at 4:46 pm

    Insyallah, kemenangan bersama orang-orang yang sabar.

  3. August 6, 2010 at 7:20 am

    Saya kira saudara Maman adalah orang terpelajar. Nyatanya tidak.
    Tulisan yang dirancang untuk menjadi ilmiah ternyata menjadi dakwah. Padahal banyak referensi Maman yang berasal dari tulisan berbahasa Inggris. Persoalan Maman adalah, sumber bacaannya melulu memihak kelompok dukungan Maman.
    Saya sarankan Maman untuk membaca lebih banyak lagi. Cari bahan bacaan dengan skala otentitas dan otoritas ilmiah tinggi. Jangan publikasi koran bekas anda baca di internet.
    Orang bodoh pun tahu bahwa palestina modern adalah negeri yang ditinggali bangsa Israel 2 milenium sebelum Yesus lahir. Kapan orang Arab tinggal di Palestina? Kita semua tahu waktunya.
    Kebudayaan Arab tidak pernah menonjol sebelum Muhammad muncul di tahun 600M. Kemenangan Al Ayubi dalam perang salib semakin mengokohkan kontrol arab atas Palestina.
    Tapi pertanyaannya, apakah Palestina milik arab? Apakah wilayah Gaza dan tepi barat milik otoritas palestina? Jawabannya : tidak.
    Wilayah itu milik Isreal. Jika Palestina mau realistis, mereka hanya sebuah provinsi dari negara Isreal merdeka. Negara yang telah berdiri jauh sebelum manusia mendiami pulau-pulau nusantara.

    • September 14, 2010 at 12:50 pm

      Apakah orang-orang Yahudi, termasuk Yahudi Askhenazi, yang ada sekarang memiliki ras yang murni atau tidak bukanlah sesuatu yang terlalu penting. Sekiranya mereka memang keturunan Israil (Ya’qub’alaihis salam), mereka tetap tidak berhak merampas tanah Palestina dan berlaku zalim terhadap penduduknya. Mereka justru seharusnya malu karena perilaku mereka sama sekali tidak menunjukkan kemuliaan nenek moyang mereka yang banyak melahirkan nabi-nabi dan orang-orang shalih. Dan sekiranya Yahudi Askhenazi ternyata memang kebanyakannya keturunan Khazar, dan bukan Bani Israil, seharusnya mereka lebih malu lagi, karena dusta yang telah mereka sebarluaskan demi merampas tanah orang lain. Tapi, apalah maknanya kalimat-kalimat ini bagi suatu bangsa yang memang tidak tahu malu. Wallahu a’lam bish showab.

    • September 14, 2010 at 12:54 pm

      Belum lama ini seorang Profesor Sejarah di Tel Aviv University, Shlomo Sand, menulis sebuah buku berjudulThe Invention of the Jewish People (terbit pertama kali dalam bahasa Ibrani pada tahun 2008 dan versi Inggrisnya terbit tahun 2009). Dalam buku tersebut ia juga mendukung pendapat yang menyatakan bahwa kebanyakan orang-orang Yahudi di Eropa Tengah dan Timur merupakan keturunan Khazar yang menganut yudaisme. Baginya tidak ada bangsa Yahudi (Jewish People), yang ada hanyalah komunitas-komunitas beragama Yahudi yang dikonversikan di sepanjang sejarah Yahudi. Lebih jauh ia menolak pendapat populer yang menyatakan bahwa orang-orang Yahudi telah diusir keluar dari Palestina dan karenanya wajib untuk kembali ke Palestina.Menurutnya bangsa Romawi tidak pernah mengusir keluar orang-orang Yahudi dari Palestina dan orang-orang Yahudi sendiri tidak melakukan eksodus keluar dari wilayah itu. Kebanyakan orang-orang Yahudi tetap tinggal di Palestina, dan pada saat Islam masuk ke daerah itu kebanyakan mereka masuk Islam, berbaur dengan orang-orang Arab, dan menjadi nenek moyang orang-orang Arab-Palestina yang ada sekarang. Secara umum Shlomo Sand berpendapat bahwa ide tentang bangsa Yahudi merupakan kreasi (invention) para Sejarawan Yahudi abad ke-19 dan 20 yang menjadi sumbangan bagi Zionisme.10

  4. 6 kainsa
    August 10, 2010 at 11:26 pm

    Apakah AP dan BBC adalah “melulu memihak kelompok dukungan Maman”?

    Apakah CFR (Council on Foreign Relations) dan Foreign Affairs adalah “melulu memihak kelompok dukungan Maman” juga?

    CFR adalah salah satu think tank paling berpengaruh di Amerika Serikat. Madeleine Albright, Richard Holbrooke, Colin Powell, Zbigniew Brzezinski, Jimmy Carter, Dick Cheney, Warren Christopher, Bill Clinton, Hillary Rodham Clinton, Robert M. Gates, Alan Greenspan, Henry Kissinger, John McCain, Condoleezza Rice, George Shultz, Paul Wolfowitz, James Woolsey, dan Robert Zoellick adalah anggota-anggota pentingnya.

    Foreign Affairs merupakan bacaan “wajib” para diplomat.

    “Koran bekas” mana yang Saudara Freud maksud?

  5. 7 kainsa
    August 10, 2010 at 11:33 pm

    Saudara Freud, kalau Anda “berani,” silahkan Anda membuat tulisan tandingan. Lengkap dengan referensinya. Saya akan memuat tulisan Anda itu di blog saya ini.

  6. September 14, 2010 at 1:08 pm

    Sebagian peneliti dan penulis kontemporer, seperti Arthur Koestler dalam bukunya The Thirteenth Tribe: Khazar Empire and Its Heritage, mengemukakan teori bahwa orang-orang Yahudi Eropa, atau yang dikenal sebagai Yahudi Askhenazi, sebetulnya merupakan keturunan Khazar, atau setidaknya banyak dipengaruhi oleh ras bangsa Khazar, dan bukan murni keturunan Israel. Dengan kata lain, kebanyakan orang-orang Yahudi sekarang ini dikatakan tidak berasal dari dua belas suku Israel, melainkan berasal dari ’suku yang ke-13,’ yaitu bangsa Khazar.
    Perdebatan tentang asal-usul Yahudi Askhenazi ini menjadi penting mengingat kelompok Askhenazi mewakili 80% komposisi Yahudi dunia pada hari ini Teori asal-usul non-Yahudi pada kaum Askhenazi ini bukannya tanpa dasar sama sekali, terlebih lagi upaya dakwah dan konversi terhadap orang-orang non-Bani Israil di Eropa juga terjadi terhadap beberapa bangsa Eropa Timur selain Khazar.9 Teori ini telah menggugat klaim orang-orang Yahudi kontemporer terhadap tanah Palestina dan melemahkan legitimasi mereka untuk terus menguasai wilayah tersebut. Sebab sekiranya mereka bukan keturunan Bani Israil yang dulu pernah mendiami Palestina, maka atas alasan apa mereka mengklaim hak untuk kembali ke sana? Teori ini tentu saja menimbulkan rasa tidak suka di kalangan orang-orang Yahudi, khususnya para pendukung Zionisme, yang melabeli para pendukung teori tersebut sebagai penganut anti-semitisme.

  7. November 13, 2010 at 8:03 pm

    Israel adalah anak perjanjian melalui Izak Allah yang telah menetapkan dan juga Allah telah menetapkan Israel sebagai bangsa pilihan, jika Allah ada dipihab bangsa Israel, SIAPA YANG DAPAT MELAWAN MEREKA..? Dapatkah anda melawan kekuasaan Allah..?sama seperti anda membunuh diri.

    Ismail adalah anak perhambaan Hagar yang sekarang disebut Islam, tetapi Allah tidak perkenankan meraka, tetapi memang Allah memberkati mereka.

    • 10 Abdul Muthalib
      July 4, 2013 at 12:17 am

      masalahnya mr nunusaku,.. terjadi perdebatan besar mengenai siapa yg berhak mengklaim sebagai bani israil,.. karena penganut agama Yahudi yg sekarang mengklaim keturunan bani Israil sesungguhnya hhanyalah ras bangsa khazar yg menganut agama yahudi, dan bukanlah murni keturunan bani israil/Yahudi sesungguhnya… nah, tes DNA aja kali pas???

  8. 11 Anonymous
    October 6, 2011 at 11:23 am

    insya allah israel akan terhapus dari peta dunia…….

  9. July 17, 2013 at 6:24 am

    Hi exceptional website! Does running a blog such as this require a massive amount work?
    I have virtually no expertise in computer programming but I was
    hoping to start my own blog soon. Anyhow, should you have any ideas or
    techniques for new blog owners please share. I
    understand this is off topic but I simply wanted to ask.
    Cheers!

  10. July 17, 2013 at 6:42 am

    You really make it appear so easy with your presentation but I in finding this
    topic to be actually one thing that I believe I might never understand.

    It sort of feels too complex and extremely extensive for me.

    I’m having a look forward on your subsequent publish, I will attempt to get the hang of it!

  11. August 17, 2013 at 3:54 am

    What’s up i am kavin, its my first time to commenting anyplace, when i read this piece of writing i thought i could also create comment due to this sensible piece of writing.

  12. April 11, 2014 at 9:29 am

    Everything is very open with a really clear clarification
    of the issues. It was definitely informative. Your site is very
    useful. Thanks for sharing!

  13. July 16, 2014 at 7:28 pm

    It is perfect time to make some plans for the future and it
    is time to be happy. I have read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or suggestions.
    Maybe you could write next articles referring to this article.
    I desire to read more things about it!

  14. July 18, 2014 at 7:10 pm

    Paragraph writing is also a excitement, if you know
    then you can write if not it is complicated to write.

  15. August 15, 2014 at 3:27 am

    This places a huge contractor investment and asset. This is a hard copy list from the many Toronto landscapers will contractor want to
    stretch while the investigation, testimony by him. However, this means
    calling in an ongoing investigation of Mr. Privateers will be able to
    go at it.

  16. September 6, 2014 at 9:31 pm

    Yesterday, while I was at work, my cousin stole my iphone and
    tested to see if it can survive a 40 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad
    is now destroyed and she has 83 views. I know this is totally off topic
    but I had to share it with someone!

  17. September 9, 2014 at 5:43 pm

    Thanks in favor of sharing such a fastidious thinking, paragraph is good, thats why i
    have read it completely

  18. September 14, 2014 at 5:10 pm

    If some one wants expert view regarding blogging
    then i propose him/her to pay a quick visit this website, Keep up the fastidious job.

  19. September 17, 2014 at 12:04 pm

    The answer is a great deal on the site. This gives the right balance between both is
    essentialand ifyou can’tplan ondealing withsomeone developer and user friendly.

    Photoshop is a commitment to them and talk with your visitors will
    use on your own. A hotel internet site design software programs for every
    type of website.

  20. September 21, 2014 at 8:44 am

    It can be able to enjoy that sharp lead generation video production company.
    Here, images and content you are not well maintained then how can you believe that the web design. Top 6
    lead generation Web Design India have surpassed
    in the world.

  21. September 23, 2014 at 12:50 am

    If you base your decision can spell your long-term online success
    available to aid you seo to qualify each time! Corporate Companies across the globe has its own Web design and page layout should have no business being a credible web design connects the content into the process
    of selecting a company. This is a popularity contest, but when it comes to the customer.

    Then, at any time of day: Support when it’s appropriate and according
    to the other is a free website builder but it was earlier.

  22. September 23, 2014 at 12:23 pm

    Merchandise needs to be embedded within search engine marketing your budget.
    The success of your requirements rather it should not be necessary to have
    a website that promotes your business.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 173,355 hits

Top Clicks

  • None
August 2007
M T W T F S S
« Jan   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Add to Technorati Favorites

%d bloggers like this: