17
Aug
07

Tragedi Penculikan Aktivis Perdamaian Irak

Oleh:
Wawan Kurniawan
Pendiri Kajian Internasional Strategis (KAINSA)

Tidak cukup hanya berbicara perdamaian, seseorang harus mempercayainya.
Tidak cukup hanya mempercayai perdamaian, seseorang harus berbuat untuknya.
(Eleanor Roosevelt)

Aktivitas penggiat perdamaian tidak mengenal batas teritorial suatu bangsa. Ia melewati “pagar” kepentingan politik, ekonomi, dan nasional. Lebih dari itu, ia mampu menerobos sekat agama, suatu sekat terkuat yang seringkali tidak hanya menjadi penghalang perdamaian dan malahan menjadi pencetus konflik berdarah.

Ideologi kemanusiaan (humanitas) adalah legitimasi terkuat bagi setiap manusia yang akan dan telah lahir untuk mengusung tiga panji nilai yang diamanatkan dalam Pembukaan Deklarasi HAM Universal: kemerdekaan, keadilan, dan perdamaian.

Kontribusi kemanusiaan adalah kata kunci. Rasulullah SAW mengatakan dengan jelas, “Khoirunnas anfauhum linnas” (manusia terbaik adalah manusia yang paling berguna bagi sesama). Dalam kaitan dengan judul tulisan ini, kontribusi untuk perdamaian, siapapun dan darimanapun aktivisnya, merupakan upaya dari khoirunnas (manusia terbaik).

Karena kegiatan untuk perdamaian adalah hal yang mulia, sungguh ironis bila ada pihak-pihak yang justru menghalanginya. Terlepas dari dalih-dalih yang digunakan, penghambatan usaha perdamaian tidak dapat ditolerir.

Begitu juga dengan penculikan aktivis perdamaian Christian Peacemaker Teams (CPT) di Baghdad, Irak. Empat orang aktivis CPT, yaitu Tom Fox (54 tahun, asal Virginia, AS), Norman Kember (74, London), James Loney (41, Toronto), dan Harmeet Singh Sooden (32, Kanada) diculik oleh sekelompok orang bersenjata yang menamakan diri sebagai Brigade Pedang Kebenaran.
Kelompok penculik ini tampil pertama di video yang disiarkan Al Jazeera pada hari Selasa (25/11). Mereka mengklaim bahwa mereka berhasil menculik empat eorang mata-mata yang bekerja di bawah kedok aktivitas perdamaian Kristen. Para sandera juga ditampilkan dalam video itu.
Pada tampilan video Al Jazeera kedua, Jumat (02/12), kelompok penculik menuntut barter; mereka mengancam akan membunuh empat aktivis CPT itu bila semua tahanan di penjara dan pusat penahanan Irak tidak dibebaskan sampai batas waktu 8 Desember. Namun, penculik memperpanjang masa deadline hingga 10 Desember (BBC, 8/12).

Berkaitan dengan tuntutan penculik itu, penulis menyimpulkan tindakan mereka berkorelasi dengan penemuan ratusan tahanan Sunni di pertengahan November. Mereka membalas dendam penahanan 173 orang Sunni di sebuah bunker Kementerian Dalam Negeri Irak. Tentara AS menemukan 173 tahanan tersebut pada 13 November. Banyak di antara tahanan itu menunjukkan adanya penyiksaan (AP, 15/10)

Mengenal CPT

CPT adalah sebuah organisasi non misionaris yang bertujuan menciptakan perdamaian tanpa kekerasan. Tentu dengan cara-cara mereka sendiri. Jauh sebelum terlibat di Irak, CPT sudah beraksi di Palestina. Daerah operasi mereka di Hebron dan selatan Tepi Barat. Menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2005 yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri AS (state.gov), CPT sering terlihat mengantar anak-anak Palestina ke sekolah mereka
CPT juga aktif melindungi para keluarga Palestina dari kekejaman kebijakan perumahan Israel.

Karenanya, tak heran, polisi Israel tidak menyukai eksistensi mereka di desa-desa Palestina.
Di Irak, CPT lah yang pertama kali membuka skandal penyiksaan tahanan Irak yang dilakukan oleh pasukan AS, jauh hari sebelum skandal Abu Ghraib tercium oleh media (democracynow.org, 05/12/05)

Usaha Pembebasan

Belum terdengar ada usaha pembebasan dari masing-masing negara asal empat aktivis CPT tadi. Dukungan untuk pembebasan mereka dilakukah oleh pribadi maupun LSM perdamaian transnasional baik Islam maupun Kristen. Abu Qatadah, salah seorang ulama radikal di Inggris, muncul di tv meminta pembebasan sandera (BBC, 08/11/05). Salah satu kelompok Sunni berpengaruh, Assosiasi Pelajar Muslim, menjanjikan membantu pembebasan semua sandera Barat dengan jalan mengontak beberapa kelompok perlawanan (AP, 01/12).

Di situs freethecpt.org, sebuah petisi online digalang sebagai upaya mendukung pembebasan aktivis CPT, lebih dari tiga belas ribu sudah menyatakan dukungannya termasuk kritikus kebijakan AS, Noam Chomsky.

Beberapa Kemungkinan

Ada beberapa hal yang mungkin terjadi pasca 10 Desember mengingat satu hal yang jelas terjadi: pemerintahan Ibrahim al Jafari tidak akan memenuhi tuntutan penculik. Bagi suatu pemerintahan yang baru berdiri, amat riskan memenuhi tuntutan suatu kelompok “kriminal”. Kesolidan dan keteguhan pemerintah harus ditunjukkan di suatu negara-mengutip Peter Galbraith (2005)-yang tidak mempunyai identitas national bersama.

Pertama, kemungkinan terburuk, kelompok penculik akan membuktikan ancamannya; membunuh semua sandera. Kedua, penculik akan memperpanjang lagi waktu batas akhir. Jika ini terjadi, tidak ada yang tahu nasib sandera dan kapan penculikan akan berakhir. Ada kemungkinan penculik meminta konsesi yang lebih rendah. Mungkin mereka meminta pembebasan sebagian tahanan, terutama kawan-kawan mereka. Ketiga, penculik akan membebaskan sanderanya tanpa imbalan. Hal ini membuktikan bahwa kelompok-kelompok Sunni berpengaruh masih dihormati dan disegani oleh kelompok perlawanan Irak.

Semoga saja kemungkinan ketiga yang terjadi meskipun peluangnya kecil. Kita berharap tidak ada lagi yang menjadi martir perdamaian.

Advertisements

4 Responses to “Tragedi Penculikan Aktivis Perdamaian Irak”


  1. February 14, 2013 at 12:41 pm

    Hello, i think that i saw you visited my weblog so i came to
    “return the favor”.I’m attempting to find things to improve my website!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  2. March 6, 2013 at 1:03 am

    This website certainly has all the information and facts I wanted concerning this subject and didn’t know who to ask.

  3. March 8, 2013 at 8:53 am

    Link exchange is nothing else however it is just
    placing the other person’s web site link on your page at suitable place and other person will also do same in support of you.

  4. March 25, 2013 at 11:55 pm

    Hi my friend! I want to say that this post is
    amazing, nice written and include almost all vital infos.
    I’d like to see more posts like this .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 176,294 hits
August 2007
M T W T F S S
« Jan   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Add to Technorati Favorites

%d bloggers like this: