18
Aug
07

MAHASISWA, TERUSLAH BERGERAK

Oleh: Wawan Kurniawan
Pendiri Kajian Internasional Strategis (KAINSA)

Jika membaca koran, mendengar radio, dan melihat tv, kita mendapati fenomena yang sama dan berlaku masif: rakyat harus antri untuk mendapatkan salah satu kebutuhan hidup mereka, yakni bahan bakar minyak. Barisan panjang berjam-jam mengantri minyak tanah. SPBU-SPBU tutup dengan alasan kehabisan stok. Semuanya itu diperparah dengan harga “tak resmi” yang jauh lebih mahal daripada harga standar. Belum lagi dengan aturan alokasi X liter per minggu per orang.

Di Medan, ibu-ibu yang mau membeli minyak tanah harus membawa KTP dan KK. Itupun dengan retriksi tambahan: hanya boleh membeli 5 liter per minggu. Di Tulungagung dan Trenggalek, ratusan nelayan harus memperpendek jam kerjanya karena terbatasnya solar. Solar menjadi barang langka di sepanjang jalur Pantura.

Ironis, rakyat yang memiliki negeri ini-dengan cadangan minyak sebesar 4,9 miliar barel (CIA World Factbook 2005)-harus menjadi obyek penderita. Pepatah mengatakan “Anak ayam mati di lumbung padi.” Ironis lagi karena bangsa ini telah mencapai 60 tahun kemerdekaannya namun setback (kembali) ke masa lalu. Masih ingat dalam benak kita, fenomena yang sama terjadi kala-meminjam istilah PKI-“Ibu pertiwi sudah hamil tua” pada awal hingga pertengahan 60-an

Sementara, pemerintah sudah menyatakan akan ada lagi kenaikan harga BBM per 1 Oktober setelah sebelumnya sudah menaikkan harga pada 1 Maret lalu. Dana kompensasi yang dijanjikan pasca Maret belum juga terealisasi. Dengan berbagai alasan, pemerintah berusaha merasionalisasikan “ketidakmampuannya” dalam implementasi dana kompensasi.

Advertisements

Pages: 1 2


0 Responses to “MAHASISWA, TERUSLAH BERGERAK”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 176,294 hits
August 2007
M T W T F S S
« Jan   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Add to Technorati Favorites

%d bloggers like this: