03
Feb
08

Mencari Pahlawan Indonesia (64)

Mencari Pahlawan Indonesia
Oleh Anis Matta

Seri 64: Kekuasaan Bagi Pahlawan

Setelah perempuan dan harta, inilah bagian ketiga dari trilogi dunia: kekuasaan. Ketiganya bukan hanya godaan dan selalu salah untuk hanya memandangnya sebagai godaan, tapi juga bagian dari sarana kehidupan kita. Masing-masing trilogi dunia itu mempunyai dua sisi yang saling berhadapan: godaan dan sarana. Baik sebagai godaan maupun sarana, ketiganya menunjukkan sisi yang berbeda-beda dari kepribadian sang pahlawan.

Kalau trilogi dunia itu dilihat sebagai godaan dan syahwat adalah sisi dalam kepribadian manusia yang bersentuhan dengan godaan itu, maka simaklah kata Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah, “Saya telah mempelajari seluruh syahwat manusia. Yang kutemukan kemudian adalah fakta bahwa syahwat paling kuat dalam diri manusia ternyata syahwat kekuasaan. Hanya untuk syahwat ini manusia rela mengorbankan seluruh syahwatnya yang lain. Tapi hanya kekuasaan juga yang dapat memberi saluran bagi seluruh syahwat manusia.

Itu sebabnya ada banyak pahlawan yang tegar didepan godaan perempuan dan harta, tapi gugur dalam ujian kekuasaan. Syahwat kekuasaan memaksa seseorang merakit seluruh energi kehidupannya unluk mendapatkannya dan memberinya candu heroisme, sesuatu yang karenanya membuatnya merasa sangat sophisticated, dan selanjutnya mendekatkannya pada sifat dan fasilitas ketuhanan.

Tapi tidaklah sempurna untuk hanya memandang kekuasaan sebagai godaan. Kekuasaan juga adalah sarana yang diperlukan kebenaran untuk mengubahnya menjadi realitas. Sebab, kebatilan juga menggunakan kekuasaan untuk mematikan eksistensi kebenaran dan para pendukungnya. Ada antagonisme disini, tapi itulah yang membuatnya menarik dan menantang.

Maka, kekuasaan juga mempunyai sisi lain: sarana. Jika para pahlawan berdiri di depan cermin dan mencoba melihat dirinya pada sisi ini, kita akan menemukan setidaknya tiga aspek kepahlawanan: keberanian, kearifan, dan kezuhudan. Tidak semua pahlawan memiliki ketiganya, karena tidak pada semua tahapan ketiganya mendapatkan momentum untuk dieksplorasi.

Drama keberanian adalah pentas pahlawan kebenaran yang tidak mempunyai kuasa dan harus menghadapi tirani dari kekuasaan kebatilan. Kearifan adalah medali yang diberikan kepada para pahlawan pembangun kekuasaan kebenaran orang-orang yang mengerahkan segenap energi spiritual dan intelektual untuk membangun kekuasaan yang diperlukan bagi tegaknya kebenaran. Tapi, kezuhudan adalah milik para penguasa yang tidak pernah memberikan izin bagi kekuasaannya sendiri untuk memasuki hatinya. Adakah pahlawan yang tegar menghadapi godaan kekuasaan memiliki keberanian melawan tirani, mempunyai kearifan sebagai pembangun kekuasaan, dan sekaligus bertangan dingin sebagai zahid dalam memegang kekuasaan? Mungkin, hanya Abu Bakar dan Umar Bin Khattab yang memilikinya dari kalangan sahabat Rasulullah saw.


2 Responses to “Mencari Pahlawan Indonesia (64)”


  1. January 15, 2009 at 8:35 am

    Shema Israel YHWH Eloichenu YHWH Echad…
    Baruch Shem Ka’Vod Malchutto L’olam vaed…

    Satu-satunya pahlawan adalah Jewish Rabbi Yeshua The Messiah. Satu-satunya Kitab adalah : TORAT. satu-satunya Kingdom adalah Kingdom of YHWH. Satu-satunya syariat adalah Shema Israel. Satu-satunya kiblat adalah Jerusalem. Praying for the peace of Jerusalem 3x every day. Shalu Shalom Yerushalayim. Baruch Haba B’Shem Adonai. Hallelujah. All of You must celebrate all the 9 Festivals of Jewish and Biblical Feast of Israel and coming back to the YHWH and The Messiah Yeshua The Nazarene. Do you want to know Kabballah ? Do you want to learn the Strategy of War ?
    I am Zionist, and Torah-Observant… Please Kindly contact me if you need help…

    Shalom-Am Eretz Israel,

    Bernard Hutabarat
    0815-362-40-384
    Bernardhutabarat@yahoo.com

  2. 2 kainsa
    January 15, 2009 at 10:45 am

    Terima kasih mau mampir dan memberi komentar. Jangan kuatir, sy tidak akan menghapus komentar Anda, Mas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 169,073 hits

Top Clicks

  • None
February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
Add to Technorati Favorites

%d bloggers like this: