By kainsa

AMERIKA SERIKAT, HEGEMONI GLOBAL DAN DOMINASI MILITER
Oleh: Wawan Kurniawan

 

Kemarin (4 Juli), rakyat Amerika Serikat (AS) memperingati 229 tahun kemerdekaan negerinya. Independence Day yang keempat pascaserangan 9/11 September 2001 dan yang kelima selama pemerintahan Bush. Suatu peringatan kelahiran di tengah masa perang karena Donald Rumsfeld menyatakan AS sekarang dalam kondisi perang (Department of Defense, The National Defense Strategy of the USA, Maret 2005). Suatu peringatan pada saat kebencian terhadap AS di seluruh dunia, terutama di negeri-negeri Muslim, semakin besar dan terakumulasi dalam permusuhan-permusuhan nyata (shocking level) (Ivan Eland, Can America Spin Away Anti-U.S. Hatred in Islamic Countries?, Antiwar.com, 15/10/2003)

Dibandingkan era-era tahun sebelumnya (pasca Perang Dunia II), terjadi perubahan yang mendasar dalam pemerintahan AS, terutama kebijakan luar negeri. Di era 50-an hingga 90-an, komunis menjadi musuh utama AS. Sebagai akibatnya, AS harus bertempur di beberapa front: Perang Korea (1950-1953), Invansi Teluk Babi Kuba (1961), Krisis Rudal Soviet di Kuba (Oktober 1962), Perang Vietnam (1968-1975, dan Invasi Grenada (1983). Di samping, itu, AS harus memberikan bantuan kepada “our local friend“: Mujahidin di Afghanistan (1979-1997), Jenderal Pinochet yang mengkudeta presiden Chili berhaluan kiri, Salvador Allende (1973), rezim Jenderal Jorge Rafael Videla yang bertahan dari upaya kudeta oposisi kiri Argentina dalam “Dirty War” (1976-1983), pemberontak UNITA dan FNLA melawan rezim Marxis Angola (pertengahan 70-an hingga akhir 2002), monarki Nepal melawan kaum Maoist (1994), gerilyawan Kontra di Nikaragua (1983-1988), dan rezim-rezim kawasan segitiga Amerika Latin: El Salvador, Guetemala, dan Honduras.

Memasuki milenium baru, terjadi tranformasi paradigma kebijakan luar negeri AS; anti terorisme-sentris menggeser anti komunisme-sentris. Komunisme bukan lagi menjadi momok yang menakutkan. Uni Soviet telah lama hancur di tahun 1991. Beberapa negara eks komunis di Eropa Timur sudah menjadi anggota NATO (Hongaria, Polandia, dan Republik Czech). Beberapa negara eks komunis lainnya diperkirakan segera menyusul. Di Asia Tengah, negara eks komunis malah menjadi sekutu terdekat AS dalam “global war on terrorism” (GWOT), seperti Ukraina, Uzbekistan, dan Kyrgystan.

China memang masih komunis, tetapi bukan itu yang ditakutkan. Analisis futuristik (tahun 2020) yang dikeluarkan CIA memprediksikan China (bersama India) akan menjadi kekuatan utama masa depan (new major global player) yang mampu menandingi kekuatan AS (National Intellegence Council, Mapping the Global Future, cia.gov, Desember 2004). Bukan karena ideologi komunis Mao, melainkan karena China memiliki apa yang disebut sebagai 4 faktor penyokong global power (kekuatan dunia): produk domestik bruto (PDB), populasi, anggaran pertahanan, dan inovasi teknologi (Gregory F. Treverton dan Seth G Jones, Measuring National Power, rand.org). Populasi China mencapai 1,299 miliar jiwa (CIA The World Fact Book 2005, cia.gov, 10/02/2005). Produk domestik bruto China mencapai 6,436 miliar dolar (2004) dan diperkirakan akan menjadi 25,155 miliar dolar di tahun 2025, sementara China pada 2004 telah mengeluarkan 65,2 miliar dolar untuk memperkuat pertahanannya (Newsweek, Februari 2005)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12


46 Responses to “AMERIKA SERIKAT, HEGEMONI GLOBAL DAN DOMINASI MILITER”


  1. 1 rooney
    November 9, 2007 at 4:05 am

    numpang ngisi neh heheheh….

    in my opinion about US now,

    semakin kuat suatu negara memperluas hegemoninya di dunia, maka semakin cepat pula keruntuhan negara tersebut…

    liat saja keruntuhan Era kerajaan romawi yang mengekspansi besar-besaran ke seluruh dunia namun pada akhirnya ia hanya menjadi bagian dalam sejarah karena runtuh dengan sendirinya..

  2. 2 kainsa
    November 11, 2007 at 10:31 pm

    Memang benar. cuma, ada kekhususan untuk AS. Yakni teori kebutuhan. Semakin banyak dibutuhkan semakin kuat eksistensinya. Ada banyak orang/negara yang masih membutuhkan AS sekarang. Bahasa lainnya, AS menjadi patron, teman aliansi.

    AS akan decline. Namun, firasat saya menyatakan ke-decline-an itu masih sangat lama.

  3. January 9, 2008 at 1:04 am

    saya cuma mau nambahin dikit aja, sistem pengisian bahan bakar di udara bukan hanya di AS kok! sudah sangat banyak negara memiliki pesawat tanker sebagai moda pengisian bahan bakar. bahkan TNI AU pun punya berupa pesawat KC-130 yaitu pesawat hercules versi tanker. namun memang punya amerika itu merupakan sistem paling maju dan paling banyak armada tankernya. hanya saja mereke pintar menempatkan sistem pengisian di udara itu pada pesawat2 strategisnya, seperti pada air force one, strategic bomber macem B-2 dan B-1, serta pesawat2 transport strategis agar bisa mencapai seluruh belahan dunia tanpa henti.

  4. 4 Wawan Kurniawan
    January 9, 2008 at 9:39 am

    Anda benar. Ketika saya menulis di bagian itu, saya tidak melihat referensinya. Akibatnya out of date.

    Satu hal lagi. AS memiliki banyak “outpost” di banyak negara. AS memang the real empire. Karenanya, tak heran bila militer ASbisa menjangkau semua pelosok dunia.

  5. 5 Unay
    January 20, 2008 at 11:06 am

    Tulisan yang menarik!🙂
    Tapi saya boleh tanya kan? Sebenarnya apa saja sih yang mengindikasikan sebuah negara melakukan dominasi militer? Kalau bisa beserta sumber yang akurat yah..hehe… Kebetulan saya sedang dalam tahap penyelesaian skripsi mengenai dominasi AS di Balkan. Thanks!

  6. January 20, 2008 at 2:19 pm

    Pertanyaan mudah tetapi sulit menjawabnya. Terlebih lagi kalau pakai referensi. Saya harus membaca banyak hal. Kasih saya waktu. Saya akan mencarinya untuk Anda.

    Selamat menjelajah di website saya.

  7. 7 Unay
    January 23, 2008 at 4:11 am

    Terima kasih🙂

  8. 8 kainsa
    January 24, 2008 at 4:02 pm

    Saya sudah melihat-lihat sekadarnya. Memang rumit karena:
    1. Harus mempelajari motif Eropa (sebagai NATO dan Uni Eropa), AS (sekutu Eropa), dan Rusia. Kemudian interkoneksi antarketiganya: Eropa-AS, AS-Rusia, Eropa-Rusia.
    2. Harus mempelajari juga masa lalu wilayah ini. Balkan memang wilayah pertaruhan karena multi religi dan multi-etnik. Penguasanya silih berganti.

    Sebagai awal, coba Unay akses ke wikipedia. Jelajahi semua link berkaitan dengan Balkan.

  9. 9 Unay
    January 25, 2008 at 5:08 am

    Thanks atas bantuannya… Setelah melalui berbagai bentuk riset, akhirnya saya bisa simpulkan kalau dominasi militer negara atas suatu wilayah itu bisa diindikasikan dengan tiga hal;
    1. Keberadaan pasukan asing di kawasan;
    2. Pembangunan pangkalan dan fasilitas militer asing; serta
    3. Ada arus bantuan militer besar-besaran dalam bentuk security assistance.
    Saya juga sudah menelusuri latar belakang historis kawasan, dan memang ada kepentingan-kepentingan strategis AS di kawasan ini (ini hasil riset karena saya kepepet kejar target setoran skripsi…hehe…jadi maklum kalo agak terbatas).

  10. 10 kainsa
    January 26, 2008 at 3:04 am

    Saya ingat satu hal: GOD. Geopolitic, Oil, and Drug. Balkan menjadi strategis karena menyambungkan kawasan sumber minyak (Rusia dan Asia Tengah) dengan konsumennya (Eropa). Tetap, saya belum mempelajari apakah ada jalur-jalur pipa minyak yang melalui wilayah ini.

    Wilayah juga menjadi jalur masuk opium dari Afghanistan ke Eropa. Daerah “bulan sabit merah” Afghanistan menjadi sumber opium terbesar di dunia. Konon, bulan sabit menghasilkan 80 persen lebih opium dunia. Tentu, milyaran dolar, kan.

    Apakah AS terlibat perdagangan obat haram ini? Jangan tanya lagi. Masih ingat kasus Iran-Contra?

    Untuk dominasi militer, jangan lupakan satu hal: interlink antarwilayah. Sepanjang yang saya tahu, AS membagi dunia menjadi 5 Komando. Dan pasti akan menjadi 6 Komando. AS sedang mempersiapkan Africa Command. Dan memang, pangkalan-pangkalan AS di seluruh dunia tidak terputus. Mulai dari Amerika Latin lalu ke Pasifik lalu Timur Tengah. Dari Timur Tengah menuju Eropa melalui Turki. Dari Timur Tengah pula menuju Asia Tengah melalui Irak dan Afghanistan. Tidak ada lubang kecuali di Afrika.

    Untuk tulisan-tulisan tentang Balkan, saya masih mencarinya. Kalau dapat, saya akan posting-kan di bagian download.

  11. February 24, 2008 at 5:44 am

    tanda-tanda keruntuhan Amerika sudah di depan mata
    sekaranglah saatnya bangkit untuk menjadiukan bangsa ini besar
    jangan terus beretorika
    bangkit lalu maju kedepan
    bangsa ini tidak butuh jargon, retyorika atau segudang omong kosong
    bangsa Indonesia lebih hebat dari bangsa Amerika
    jadi ……….ayo bung jangan tinggal diam . bangkit, bergerak, maju, terjang, tak gentar ….tak gentar !@!!!

    • 12 Yericho
      August 16, 2014 at 5:19 am

      Gan perang ama AS?? Mw lawan PBB?? NATO skalian?? Kemenangan gaada artinya kalo kita menghancurkan Indonesia dalam proses itu… Pikir panjang doong!

  12. 13 ANDHY NUU
    April 20, 2008 at 1:58 pm

    ass,,,, thanks bgt.
    Aq terbantu dgn adanya blog ini. trus terang aq gi garap skripsi.
    wass

  13. 14 kainsa
    April 20, 2008 at 10:13 pm

    Saya senang bisa membantu anda, mas.Apa yang Anda perlukan untuk skripsi Anda?

  14. June 18, 2008 at 8:24 am

    Amerika tidak akan pernah hancur. untuk selamanya kapitalis amerika akan menguasai dunia. tanda-tandanya sudah terlihat sekarang, negara-negara yang dikatakan kuat namun tidak bisah melawan kekuatan Amerika Serikat.
    WASSALAM

  15. June 21, 2008 at 12:48 am

    Akh, bagi2 blogroll dong. di http://www.suaranews.com Syukron. Wassalam

  16. June 23, 2008 at 1:06 am

    Untuk Mas Budhyarman:
    Tinggal tunggu masanya saja mas. Dulu orang menganggap Inggris akan terus jaya. Tetapi, waktu membuktikan lain kan. Sudah menjadi hukum alam akan pergantian dan pergiliran kejayaan suatu bangsa.

  17. June 23, 2008 at 1:09 am

    Untuk Jaisy01:
    PR blog ini sudah 4. Bagaimana kalau blogroll dibarter dengan theme WordPress Anda?

  18. June 25, 2008 at 1:04 am

    Ok, silahkan anda kerumah, tak kasih banyak themes WP, nggak hanya themes yang saya punya😀

  19. 21 kainsa
    June 25, 2008 at 1:15 am

    Okelah. Nanti sy link. Tunggu aja ya.

  20. 22 kainsa
    June 25, 2008 at 1:30 am

    Sudah saya link blog Anda. Sekarang kirimkan theme yang dipakai di suaranews.com ke openspring@gmail.com, ya.

  21. 23 deddy
    July 27, 2008 at 2:59 pm

    salam,
    boleh ikut nimbrung juga ga nech????
    kebetulan saya mau bergelut untuk berjuang menggarap skripsi terkait dengan perbandingan proses penyelesaian pelanggaran ECOSOB di negara maju dengan negara sedangang berkembang. tolong petunjukny. thanks…

    Wassalam.

  22. 24 deddy
    July 27, 2008 at 3:02 pm

    sedikit tambahan untuk kata setelah pelanggaran, seharusnya ada kata HAM sebelum ECOSOB. tolong yah mas referensinya kirim ke alamat EMAIL Saya. besar harapan saya akan petunjuknya. Thanks a lot

  23. 25 kdksad
    November 28, 2008 at 7:03 am

    ya memang as akan menurun dominasinya sbg imbas naiknya ekonomi china dan india, tpi tentu tdk akan langsung membuat indonesia bisa berjaya…masalah indonesia adalah kepalanya sudah dijajah arab dengan islamnya itu…selama negara2 islam timteng gak maju2 indonesia juga akan bernasib sama. satu2nya fakta sejarah kejayaan indonesia hanyalah pada waktu berada dibawah pengaruh india lewat hindu dan budisme itu. tpi sejarah kita jg skr sdh kacau balau, utk membendung nostalgia kejayaan masa lalu agen2 islam sdh membuat propaganda lewat sistem pendidikan kita bahwa tatanan masyarakat pd masa hindu budha sangat jelek dan islamlah pahlawan yang datang…kenyataannya tdk ada bangsa yg memiliki tatanan hidup yg jelek bisa meraih kejayaan. amerika berjaya krn memang masyarakatnya baik kok, TUHAN memang ADIL.

  24. 27 Denny
    December 4, 2008 at 8:48 am

    ah katro loe semua…amerika yang bikin lo hidup..
    percaya dong ma kekuatannya…
    banyak nuklir lagi…
    apa lagi filmnya…wow..keren banget,,,,,
    pokoknya amerika hiduppppppppppp…..

    HIDUP AMERIKA…

  25. April 4, 2009 at 11:16 pm

    Amerika pasti bakal hancur…aku yakin akan hal itu…

  26. 32 Marchio
    April 11, 2009 at 1:17 am

    Amerika tuch suah hampir habis masanya, negara itu sedang sakit kayak turki jaman dulu, kuat api keropos….

  27. 33 joko
    April 26, 2009 at 4:46 am

    ok gann lanjuuttt..
    thanks gan infonya
    itu sbnrya faktor “X”
    lo smua salah,,
    lo ga mahamin faktor X trsebut gan,,

  28. 34 andrew
    April 26, 2009 at 5:00 am

    US is the only regional hegemon in modern history, many GREAT POWERS have attempted to establish regional hegemony as path to global hegemony, but US kept its aspiration in check, because it feared the emergence of regional hegemons in either Europe or Asia would threaten its control over the western hemisphere.

    as i said before about great powers, great power need money,technology, and personnel to build miliitary forces and to foght wars. coz great powers rely on these sosio-economic ingredients, and it calls ‘LATENT POWER’, actors are forced in the struggle with rivals for global hegemony to organize society and economy in the most efficient fashion, so they can draw on this ‘latent power’ in times of crisis

    that’s all tht i can shared with u guys.
    there is so many argument behind of this.
    thanks.

  29. 35 dildaar80
    June 25, 2009 at 7:33 am

    nice article.

  30. 36 Adrianto
    October 9, 2010 at 4:38 pm

    Budhyarman MAndola dan Danny>>> Mmgnya AS Tuhan? Jd bisa bersifat abadi? Sudah begitu, banyak pula musuhnya di mana2 gara2 kelakuannya yg kelewat angkuh dan agresif… sudah begitu produk2nya kalah bersaing dlm hal efisiensi dan produktivitas dng produk2 rivalnya spt Cina, India, dsb…

    @ kdksad

    ya memang as akan menurun dominasinya sbg imbas naiknya ekonomi china dan india, tpi tentu tdk akan langsung membuat indonesia bisa berjaya…masalah indonesia adalah kepalanya sudah dijajah arab dengan islamnya itu…

    >>> Maaf, Islam justru membuat maju Turki dan negara2 Arab lebih dari 500 tahun. Kalau Islam jelek, nggak mungkinlah Islam menguasai Turki dan Timteng selama ratusan tahun. nggak mungkin juga Afrika Utara menjadi pusat2 sains dan teknologi pada zamannya. Kalau Islam jelek, Hindu dan Budha mustahil bisa digusur oleh Islam. kalau Islam jelek, anda sdh jadi WN kelas 2 sejak Islam menjejakkan kakinya di negara ini…

    selama negara2 islam timteng gak maju2 indonesia juga akan bernasib sama.

    >>> Sotoy… Indonesia nggak maju krn rakyatnya yg mudah diadu domba, kelemahan pemimpinnya, kemalasan dan kebodohan rakyatnya sendiri, dan adanya kaum Islamofobia macam anda yg bisanya menyebarkan dusta dan kebencian antar agama

    satu2nya fakta sejarah kejayaan indonesia hanyalah pada waktu berada dibawah pengaruh india lewat hindu dan budisme itu.

    >>> Mmg maju, tapi nggak ada hubungannya dng Islam kan? Yg merusak kejayaan kerajaan2 Hindu-Budha jg karena oknum2nya sendiri. Majapahit dilanda perebutan tahta. begitu pula tarumanegara, dsb. Spt yg merusak Turki Utsmani dan kerajaan2 Islam di Timteng dan Spanyol, umatnya sendiri. Jd jangan mudah lempar batu sembunyi tangan dan mencari kambing hitam…

    tpi sejarah kita jg skr sdh kacau balau, utk membendung nostalgia kejayaan masa lalu agen2 islam sdh membuat propaganda lewat sistem pendidikan kita bahwa tatanan masyarakat pd masa hindu budha sangat jelek dan islamlah pahlawan yang datang…kenyataannya tdk ada bangsa yg memiliki tatanan hidup yg jelek bisa meraih kejayaan.

    >>> Kata siapa? kalau ada org Islam yg berkata spt itu, dia itu bodoh dan rasis. dan org rasis akan masuk neraka, apapun agamanya.

    amerika berjaya krn memang masyarakatnya baik kok, TUHAN memang ADIL.

    >>> sekarang sedang diambang kehancuran kok. Utang luar negerinya saja sudah 2/3 PDBnya, belum lagi dia kena defisit keuangan dalam perdagangan internasional dng mitra dagangnya, Jepang, Cina, India, dsb… Kalau rakyat US baik, tak mungkinlah mereka menjadi surga porno, judi, minuman keras terbesar di dunia.

    Seharusnya anda koreksi diri sendiri sbl mengatakan komentar2 asbun yg rasis dan mengerikan spt itu… Ketahuilah semakin bny kaum islamofobia spt anda, semakin cepat Indonesia ini hancurnya. sy hny bisa berharap anda bisa mendapat hidayah dari YME, krn anda mmg hanyalah individu yg bodoh, ahistoris, naif, dan rasis…

    • 37 Anonymous
      December 22, 2011 at 9:15 am

      jangan kita memandang dari segi hal positif dan negatifnya klau mnurut saya semua pasti setiap negara itu punya sisi negatifnya,jadi jngan kita mnyalahkan negara kita atupun orang lain [mari kita brfikir bgaimna cara memajukan bngsa kta ini .

    • 38 Yericho
      August 16, 2014 at 5:26 am

      Surga porno tuh Jepang.. Jgn blg Amerika dulu gasmua bagian Amerika porno kok, utang kita ke juga udah bengkak kok

  31. 39 H.Yanstz
    November 20, 2011 at 1:58 pm

    saya setuju dgn saudara adrianto……….buat kdksad jgn suka menjadi provokator, koreksi diri anda terlebih dahulu…………

  32. 40 nasionalis
    February 5, 2012 at 2:16 pm

    Kejayaan selalu bergilir sebagaimana bumi yang selalu berputar, itulah sunnatullah. Amerika pasti akan mengalami kemunduran sebagaimana bangsa yang lain, hanya kita tidak tahu kapan itu bakal terjadi. Khusus Indonesia bisakah kita akan mengalami kemajuan jika dilihat dari ciri-2 sebagai berikut:

    1. Rakyat jelatanya lebih suka jadi pengemis dan gelandangan ketimbang keinginan untuk maju.
    2. masyarakt umum mudah jadi kriminal, anarkis, curang (mulai pedagannya sampe pegawainya)
    3. Pejabatnya suka pungli, korupsi, menipu raklyat.
    3. Pemudanya amoral
    4. Politikusnya apalagi, sangat rakus dan tamak.

    lengkaplah penderiataan negeri ini, hanya keajaiban yang bisa kita harapkan.

  33. 43 Anonymous
    March 26, 2013 at 12:34 am

    yah..payah…soal hegemoni AS..INA mau bilang apa?…palingan yang ada hutang kan? ini bukan soal membenarkan kuasa AS, melaiknkann Biar INA tahu kalo masih Lebih baik singapore, Filipinha, sama Malaysia…Coba bandingkan dulu dengan negara-negara petrodolar…..saingi kan? tapi mana bisa?….

  34. 44 arney leo
    February 7, 2014 at 4:36 am

    amerika jangan terlalu ssssooochhh atas eksistensi yang dia punya….

  35. February 19, 2014 at 4:31 am

    semua pasti berubah entah esok entah kapan

  36. August 6, 2016 at 6:52 am

    mohon bantuannya dong
    kenapa proses mencarinya hegemoni dunia malah mengakibatkan terjadinya perang?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 168,926 hits
December 2016
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Add to Technorati Favorites

%d bloggers like this: